mengapa tidak memakai glib yang disediakan cd anda? Apakah kebutuhkan
program yang anda install tidak mencukupi (misal program yang anda
pasang butuh glib>=2.4.1, padahal Rh cuma punya glib < 2.4.1). Kemungkinan namanya
berbeda. Saya tidak terbiasa memakai RH. cek coba di setiap cd, adakah
libglib? atau cara "maksa" find dengan kata kunci "glib". Begitu juga
untuk gtk. untuk pkgconfig, saya kurang tahu nih kata kuncinya apa.
gconf?

Sebenarnya tujuan utamanya cuma ingin belajar. Yang jelas di CD Redhat 9 tidak ada glib 2.4.x (saya cari pake cara maksa 'find|grep'). Tapi yang jelas menurut database rpm, glib yang terpasang dicomputer saya adalah glib-1.2.10-10

Misal anda sudah mendapatkan rpmnya seperti diatas, jangan lupa install
yang *-devel, misal libglib-devel. Gunanya yah seperti keinginan anda
ini untuk memasang paket secara mandiri.

Kalaupun anda memaksa untuk memasang glib secara mandiri, cel
/etc/ld.so.conf. Pastikan ada baris "/usrlocal/lib". Karena anda pasang
program secara mandiri, maka kemungkinan program-2 itu dipasang di
/usr/local. Jangan lupa, setelah anda mengubah /etc/ld.so.conf, jalankan
/sbin/ldconfig untuk memperbaharui daftar librarynya.

Terus terang saya belum download -devel-nya, coba nanti saya download dan sekaligus install. Saya sudah cek di /etc/ld.so.cond dan tidak ada baris /usrlocal/lib dan tidak ada folder /usrlocal/lib juga jadi kemungkinan memang dipasang di /usr/local. Apakah saya harus menambahkan baris /usrlocal/lib di file /etc/ld.so.conf? Apakah directory /usrlocal/lib harus dicreate manual atau akan dicreate otomatis saat proses instalasi paket?

Saya akan coba download & gunakan stow, semoga saya bisa manage paket dengan lebih mudah.

Hendra