From: Ihsan <[EMAIL PROTECTED]>

> Kalau mau yang gratisan bisa anda coba di www.fateback.com. Di samping
> website gratis  mereka juga menyediakan email gratis.
>
> Buat saja sebuah account di sana, misalnya : email_ogut. Semua email
> dengan domain: @email_ogut.fateback.com akan dimasukkan ke mailbox:
> email_ogut. Dengan Fetchmail ambil semua email dari mailbox itu, lalu
> di
> server lokal di-deliver ke user menggunakan Postfix (atau mta yang
> lain).
>
> Cmiiw.

Meskipun ada banyak layanan gratis, sebaiknya untuk email
usahakan anda memiliki domain sendiri. Daftar subdomain co.id
atau or.id biar cuma bayar sekali tapi berlaku untuk seterusnya.
Rugi kalau pakai alamat email gratisan, dicantumkan di kartu
nama tapi mendadak server hostingnya mati. Wah.
Udah banyak kejadian begini.

Selain itu saya mencari yg koneksinya cepat.
Saya sengaja langganan ESP meskipun mahal, tapi kecepatan download
email antara 5-6 KB/s (pakai dialup ke telkomnet instan).
Dan saya salut untuk servicenya, dulu itu waktu pertama pakai,
routing pakai ipnya telkom 61.5.*.* ke mesin ESP sekitar 12 hop.
Setelah ada masalah waktu kirim email kok sering timeout akhirnya
routingnya memendek jadi 6 hop.

Pilihan ada di tangan Anda.
Pilih yg gratis, domain email ikut provider hosting, kecepatan
koneksi email tergantung anda konek dengan apa.
Service jangan ditanya.

Salam

Yudi