On Mon, Jun 07, 2004 at 03:19:21PM +0100, Techno Freaks wrote:
> @    WARNING: REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED!

Ini inti permasalahannya.

Lalu dijelaskan kemungkinan2 yg menyebabkan terjadinya hal ini:

(1). Ini kemungkinan pertama:
> @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@
> IT IS POSSIBLE THAT SOMEONE IS DOING SOMETHING NASTY!
> Someone could be eavesdropping on you right now
> (man-in-the-middle attack)!

(2). Ini kemungkinan yang kedua:
> It is also possible that the RSA host key has just
> been changed.

Lalu ditawarkan pilihan solusinya:

(a). Solusi pertama:
> Please contact your system administrator.

(b). Solusi kedua:
> Add correct host key in /home/kinanti/.ssh/known_hosts
> to get rid of this message.
> Offending key in /home/kinanti/.ssh/known_hosts:4

Ini summary dari yg di atas:
> RSA host key for 216.252.171.43 has changed and you
> have requested strict checking.
> Host key verification failed.

Amazing kan kalo error message itu sebetulnya dibuat dengan tujuan
untuk membantu kita mencari tau masalah, dan malah error message yg
bagus, seperti di atas, menawarkan alternative solusi2nya.

Butuh sedikit kesabaran dan ketelitian aja, seperti problem solving
biasa.

Now that we have it out of the way.... dari pengalaman saya, yg paling
sering terjadi itu kemungkinan yang nomer (2). Kalo anda tau *pasti*
memang demikian (tanya ke admin servernya yg mau anda konekin,
bandingin fingerprint yg latest), maka anda bisa ikutin solusi (b).

Ronny