On Mon, Jun 07, 2004 at 09:00:33PM -0400, Onno W. Purbo wrote:

> dibutuhkan kalau ada query minta hostname dari sebuah IP address

> yg suka rewel tu kadang mail server
> ada yg suka check reverse DNS-nya
> utk proteksi spammer ..

Tentunya maksudnya bukan untuk nyusahin, tapi salah satu effort utk
memastikan identitas.

Kalo saya konek ke suatu server dan ngaku saya ini mail.example.com
lalu si server tau IP saya adalah 1.2.3.4, maka si server bisa ngecek
"bener gak sih 1.2.3.4 itu adalah mail.example.com?" dengan ngecek
reverse tsb.

Di protocol seperti SMTP, "mail.example.com" itu diberikan oleh client
jadi client bisa bohong. Sedangkan IP kan gak bisa bohong. Dan reverse
tentu saja diset oleh yg punya IP.

Jadi kalo misalnya ada orang dari IP-nya bps.go.id ngirim chain-letter
menggunakan bulk-mailer yang ngaku2 dari yahoo.com kita bisa cek itu
bener gak IP-nya yahoo seperti yg diclaim oleh si bulk-mailernya.
Setelah dicek reverse ternyata ketauan IP itu punyanya bps.go.id, ya
tinggal laporin [EMAIL PROTECTED] ;-)

Ronny