On Wed, 9 Jun 2004 11:37:54 +0700 (WIT), Cahyo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> saya mo memonitor client dari router
> ada dua network tujuan A dan B semua client bisa request ke network tsb
> intinya untuk mengetahui BW yg dibutuhkan client terhadap
> suatu network baik A maupun B jadi kita bisa mengalokasikan BW yg
> ideal
> terpikir untuk pake tcpdum kemudian di grep pake awk ato sed trus
> dimasukin *.cfg dibaca mrtg
> kalau pake tcpdum bisa dibantu dong atau ada cara lain yg lebih ideal

Coba ntop dulu.

tcpdump bisa dipakai, tapi tricky. Ketika kita butuh dump trafik, katakanlah per
5 menit, maka kita menjalankan tcpdump -w log-dengan-info-waktu, yang
mesti di-kill saat waktu 5 menit tersebut berakhir. Lalu kita jalankan lagi
tcpdump untuk menangkap trafik pada perioda 5 menit selanjutnya.

Ismail Fahmi pernah membuat script semacam itu, dan saya pernah
memodifikasinya untuk keperluan saya. Tapi, selain ruwet dan repot,
beban ke CPU dan disk saat itu cukup tinggi, sehingga saya
menghentikan monitoring dengan teknik tsb. Mungkin saat ini CPU
dan disk sudah lebih cepat, sehingga tingkat beban bisa diabaikan.

-- andika