On Wed, 9 Jun 2004 14:44:48 +0700, son <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Saya mau tanya nech mengenai iptables.
> saya pake redhat 9 dan saya menggunakan iptables sebagai berikut
> 1. saya mambuat default policy untuk input DROP dan membuka bebrapa port
> yaitu 80 dan 22
> 2. default policy untuk OUTPUT dan FORWARD adalah ACCEPT
>
> yang jadi pertanyaan saya kenapa saya tidak bisa melakkan telnet dari
> komputer ini ke komputer lain, tapi jika default policy untuk INPUT saya
> ACCEPT maka saya bisa melakukan telnet ke komputer lain tersebut.
> Kenapa ya?

telnet _dari_ PC Anda (A) ke PC lain (B) bisa digambarkan sebagai berikut:

A:port_N  <---> B:port23

Rule yang Anda buat mengijinkan komunikasi _ke arah kanan_
tapi _memblokir_ jawaban.

Supaya jawaban tidak terblokir, mungkin rule seperti ini perlu ditambahkan:
$IPTABLES -I INPUT -p ALL  -m state --state ESTABLISHED,RELATED \
-j ACCEPT

-- andika