> DNS MX sudah di set belum?
kalau yang ini sudah di set
> qmail-smtpd sudah dijalankan belum?
qmail-smtpd yang mana yah ? cara ngecek nya gamana om....
ps -ax |grep qmail ada
415 con- I /usr/local/bin/tcpserver 0 pop3 /var/qmail/bla...bla
419 con- I qmail-send
430 con- I splogger qmail
431 sda  qmail-lspawn ./Maildir/
432 sda qmail-rspawn
433 sda qmail-clean
> mesinnya sudah disimpen di DMZ belum?
DMZ apa sih ... :-(
> mesinnya sudah dikasih IP public belum?
di email server utamanya yg di kasih ip public kalau yg tak buat pakek ip
privat (saya pakai relay email)
> firewall sudah dibuka belum untuk port 25 incoming?
caranya gmana om...

> Informasi yang kamu berikan kurang sekali.

mungkin bisa buat tambahan informasi.. :-(
Lebih jelas gimana yah ?
aku jg baru belajar sih.... :-(
kalau system emailnya pake Qmail trus Ucspi trus check password.
di sini pakek relay email itu, Jd ada email server pusat yg pakek 2 eth yg 1
ip public yang satu ip privat (semua email masuk lewat sini dulu baru di
distribusikan ke sub domain) yang sekarang tak buat ini sub domainnya kmaren
bisa ....kekeke... skrg gak bisa :-( . nah untuk MX atw DNS yah aku jg gak
begitu paham ada lg servernya yg bertindak sebagai proxy jg.