LinuXers,

Baru kali ini saya tahu pd saat nmap localhost ada port 980/tcp yg state-nya open & service-nya unknown. Setelah saya cari tahu dng command lsof | grep 980, ternyata ada hubungannya dng rpc.rquot. Tapi pd kesempatan yg lain, port-nya bisa berubah mjd 991/tcp. Nah, pertanyaan saya :

1. Apa yg menyebabkan proses ini berjalan dng sendirinya tanda kita aktifkan ? Krn klo saya perhatikan pd saat nmap, kadang muncul, kadang tidak.

2. Mengindikasikan apakah open port ini ?
3. Apa perintah yg cocok u/ mengetahui hubungan port yg terbuka dng aplikasi yg menggunakannya (selain lsof tentunya) ?

Demikian yg ingin saya tanyakan. Terima kasih sebelum & sesudahnya.

Salam,
LinuXDeskTop