Mohon maaf agak panjang ceritanya.
Saya punya sebuah komputer dengan Suse 9.0 didalamnya ada modem yang
fungsinya sebagai internet sharing + ngefetch e-mail dari salah satu
provider dan di distribusikan ke lokal LAN. Selain itu saya juga pasang
Hylafax didalamnya.Beberapa user dalam group dialup, bisa melakukan
wvdial tanpa bantuan root, yang kalau dilihat dari permission file
/dev/ttyS0 adalah sebagai berikut.
crw-rw----    1 uucp     dialup     4,  64 2004-06-21 13:43 /dev/ttyS0
karena salah satu syarat agar group bisa wvdial adalah bisa read & write
pada file /dev/ttyS0. CMIIW.

Masalahnya adalah begitu hylafax difungsikan dengan mengedit file
/etc/inittab menjadi seperti berikut.

# fax getty (hylafax)
 fax:35:respawn:/usr/lib/fax/faxgetty /dev/ttyS0

Setelah di reboot maka file /dev/ttyS0 akan berubah seperti berikut.
crw-------    1 uucp     dialup     4,  64 2004-06-21 13:43 /dev/ttyS0

Otomatis maka user biasa tidak bisa melakukan wvdial karena akses read &
write tidak diberikan.
Saya sudah mencoba menggatinya secara manual dengan perintah:
#chmod g+wr /dev/ttyS0
User berhasil melakukan wvdial tanpa bantuan root, akan tetapi setelah
di disconnect maka permission file /dev/ttyS0 akan kembali seperti
semula, yaitu:
crw-------    1 uucp     dialup     4,  64 2004-06-21 13:43 /dev/ttyS0
Sehingga user biasa kembali tidak bisa melakukan wvdial.

Ada yang punya pengalaman seperti ini???

--
Salam,

Muhammad FR.