On Tue, 22 Jun 2004 13:17:10 +0700
"Chris" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Saya sudah symlink ke direktori lain ( ln -s  /usr/spool/qmailscan
> /usr spool/qmailscan ), tetapi direktori  /var/spool/qmailscan akan
> terus bertambah.
> bagaimana caranya agar di direktori /var/spool/qmailscan itu tdk
> bertambah terus.
Direktori /var/spool/qmailscan merupakan direktori kerja qmailscanner.
Di dalam direktori tersebut terdapat file log qmailscanner dan file-file
temporer hasil pembongkaran email yang bervirus.

Untuk menghapus file log tersebut, dapat dibuatkan "script" kecil yang
berjalan setiap hari untuk menghapus atau membackup file log tersebut ke
mesin lain.

sedangkan untuk file-file temporer dapat dihapus dengan memanggil
"/var/qmail/bin/qmail-scanner-queue.pl -z"

Catatan:
sesuaikan letak direktori qmail-scanner-queue anda.

untuk membuat skedul agar perintah di atas berjalan setiap hari dapat
diberikan entri berikut ke dalam crontab :

0 0 * * * /var/qmail/bin/qmail-scanner-queue.pl -z