Kalo memakai Redhat/Fedora, bisa pake "Shift" + "Print Screen" buat
mengcapture install Hasilnya akan tersimpan di
/root/anaconda-screenshots/ (tapi kayaknya ini gak bisa dari bagian
awal banget). Mungkin di beberapa distro lain ada caranya juga untuk
melakukan hal serupa.

Sebagai alternatif VMWare (yang bayar), bisa coba Qemu yang open source.

--
Salam
Yohanes