> salam
>
> saya mo coba koneksi internet pake gprs dengan hp
> motorola c650 dengan kabel data usb pada redhat9 saya.
> hp sdh terdeteksi sbg modem tp ga mau kerja kayaknya
> belum ada drivernya ya? saya dah cari di linux-usb
> tapi kayaknya settingan gprs u/c650 gaada.
> mohon bantuan gimana cara nyettingnya.
> terimakasih
Halo,
Saya pernah coba koneksi internet dengan GPRS (Matrix) dengan HP Siemens S45 (ini yang
saya gunakan sehari-hari) koneksi dengan IRDA IR 210B Serial dongle) alhamdulillah
selama ini jalan terus, distro yang pernah saya coba (Redhat 9.0, Fedora 1.0, SuSE
9.0, Mandrake 9.2 dan Mandrake 10), juga pernah coba dengan HP Motorola C350 (Pinjem
teman)  + kabel data USB (aspal) dengan Mandrake 9.2 (mungkin yang terakhir ini bisa
juga diterapkan dengan Motorola C650), untuk koneksi HP dengan Linux (Mandrake 9.2)
saya gunakan /dev/usb/acm/0, untuk koneksi internetnya saya gunakan wvdial, settingnya
:
1. Buat file wvdial.conf dan edit
# touch /etc/wvdial.conf
kemudian edit dan tambahkan script berikut dengan editor kesukaan anda misalnya vi
# vi /etc/wvdial.conf
tekan insert atau i, tambahkan script berikut :

[Dialer Defaults]
Modem = /dev/usb/acm/0
Baud = 57600
Init1 = at+cgdcont=1, "ip", "satelindogprs.com"
Phone = *99***1#
Username = ""
Password = ""

kemudian tekan esc dan :wq trus jalankan wvdial. Saya pernah mencobanya dan berhasil.

Di Redhat 9.0 saya belum berhasil mencobanya soalnya tidak bisa lama-lama pinjam HP
Motorola C350 dari teman keburu dipake, Untuk koneksi ke HP dengan /dev/usb/acm/0
tidak disediakan secara default oleh RH 9.0 tidak seperti Mandrake 9.2 yang
menggunakan devfs. Setelah googling aku menemukan cara supaya Linux kernel 2.4.x dapat
koneksi dengan HP Motorola tapi di situs tsb tidak tertulis secara pasti untuk
Motorola C350 atau C650. Tapi aku yakin kemungkinan besar akan berhasil juga untuk
diterapkan (tapi aku belum sempat coba). Alamatnya ada disini :

http://www.eridani.co.uk/docs/linux-timeport/T280.shtml

Oke, semoga membantu

Hidup Adalah Kehendak dan Cinta