On Mon, 12 Jul 2004 20:09:05 +0800 (CST), SmaRt MusHu
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> rekan2 milis sekalian.. saya baru pertama kali ini
> menginstall linux di komputer saya dan karena
> spesifikasi komputer saya tidak memungkinkan untuk
> menggunakan x window maka saya tidak menginstall x
> window di komputer saya alias linux box saya hanya
> berisi terminal..
>
> sekarang saya bingung gimana cara ngejalanin dua
> perintah secara bersamaan di terminal, misal saya
> ingin melakukan ripping audio cd sambil membaca
> tutorial dengan vim, perintah apa yang harus saya
> ketikan di konsole atau shortcut apa yang harus saya
> ketik supaya saya bisa kembali ke tampilan konsole
> [...]

1. Biasanya Anda bisa memakai sampai dengan 6 virtual terminal,
mulai dari Alt+F1 s/d Alt+F6. Pada masing-masing virtual terminal
tersebut, Anda bisa menjalankan aplikasi yang berlainan.

2. Kalau 6 VT masih belum cukup (atau kondisi lain yang menyebabkan
Anda tidak bisa memanfaatkan 6 VT), Anda bisa coba pakai program
screen.

$ screen -S sesi01
{jalankan aplikasi #01}
{tekan Ctrl+a Ctrl+d untuk 'menyembunyikan' tampilan sesi01}
$ screen -S sesi02
{jalankan aplikasi #02}
{tekan Ctrl+a Ctrl+d lagi}

untuk melihat sesi screen yang sedang aktif:
$ screen -list

untuk menampilkan dan berinteraksi kembali dengan sesi01
$ screen -r -d sesi01

dst

semoga membantu

-- andika