----- Forwarded message from dunkin donat <[EMAIL PROTECTED]> -----

> From: dunkin donat <[EMAIL PROTECTED]>
> Date: Fri, 16 Jul 2004 01:07:14 +0000
> To: [EMAIL PROTECTED]
> Subject: Hi
>

> Hey ronny,
> loe kalo kirim di milis linux, jangan pake digital encryp signature segala,
> tau gak sih loe
> yang laen juga pada kaga pake....NORAK TAU !!!!!

----- End forwarded message -----

Buat yang belum tahu, alasan orang menggunakan digital signature
[[note: bukan encryption by the way, kalo encrypted anda tidak bisa
baca email saya kecuali saya encrypt dg public key anda]] adalah bukan
buat keren2an, tetapi memberikan kesempatan si penerima utk
memverifikasi benar apa nggak yg ngirim itu benar seperti yg diclaim.

SMTP itu protocol yg tidak secure, jadi siapapun bisa saja mengirim
email dg header2nya sesukanya, bahkan meniru2 pura2 jadi saya dg
alamat email saya. (Kalo SMTP secure sih skrg tidak ada masalah spam
dan virus). Tapi kalo ada digital signature saya, maka yg menerima
bisa memastikan kalo itu email benar2 dr saya, karena cuma saya yg
bisa membubuhkan digital signature dg private key saya.

Tujuan saya pake digital signature juga bukan buat keren2an, tapi
karena saya sudah tau rasanya di joe-jobbed, difitnah dan dikerjai
oleh orang yg pura2 menjadi saya dg menggunakan alamat email saya,
jadi satu2nya tindakan pencegahan saya adalah menggunakan digital
signature selalu sebisa mungkin. Saya malah menganjurkan anda semua
untuk selalu menggunakan digital signature untuk mengirim email2 anda,
baik ke milis atau bukan. Dan kalo bisa beritahu ke rekan2 dan
saudara2 anda untuk menggunakannya juga.

Kalo anda ingin mengetahui lebih banyak ttg email cryptography saya
anjurkan mulai dengan GNU Privacy Handbook dari http://www.gnupg.org

Ronny