On Sat, Jul 17, 2004 at 08:37:10AM +0700, [EMAIL PROTECTED] wrote:

> mungkin yang dimaksudkan adalah "supaya user tidak bisa melihat directory
> yang ada diatas home directory-nya".

User tidak bisa melihat directory di atas homenya itu tidak ada
hubungan dengan tujuan semula yg dituliskan oleh penanya, yaitu
"memungkinkan user2 bisa mengelola home direktori masing2 selain
dengan ftp".

Kalo argumennya untuk security, saya rasa itu paranoid yg berlebihan
malah membuat repot yg tidak sebanding dg hasilnya. Baca penjelasan
saya di email sebelumnya repotnya kenapa. Dg penerapan security
(permission, ownership, dll) yg benar maka jail seperti ini di
kebanyakan kasus tidak diperlukan.

> hal itu biasanya diterapkan di server web-hosting supaya user tersebut
> tidak bisa melihat directory apa saja yg ada dibawah /home

Cukup dichmod 700 masing2 homedirnya kan orang lain udah gak bisa
masuk? Kalo perlu utk apache httpd tinggal dichgrp ke groupnya apache
lalu chmod 750. Saya yakin ini bisa diterapkan di lebih dr 95% kasus.

Ronny