On Tuesday 20 July 2004 21:07, Edwin Setiawan wrote:
> saya sudah bisa connect ke internet, dan saya nyoba squid agar user yang
> lain bisa connect juga ke internet.
> harusnya kalau server sudah bisa connect ke internet, dan kita install
> proxy dengan benar, si user client
> harusnya sudah bisa connect juga kan?
Belum tentu :)
ip_forwardingnya udah aktif? coba liat di arsip, ada beberapa thread yg
menyinggung tentang bagaimana mengaktifkan ip_forwarding.
Cek juga firewallnya (ipchains/iptables), barangkali ada rule yg nge-blok
request dari klien2 tadi.

Utk squidnya, coba re-cek acl-acl yg mendefinisikan ip klien-klien yg
diperbolehkan. Cek juga apakah acl yg tadi didefinisikan itu udah allow ke
http_acces.

> Atau ada program lain yang harus diinstall?
afaik, kayaknya 'gak ada deh.
Kalo untuk server dengan fungsi seperti yg sampeyan sebutkan, cukup dengan
ip_forwarding, squid, dan firewall/traffic-director (ipchains/iptables), plus
tambahan routing daemon (gated/routed).

--
Hari Purnama