First of all, terima kasih atas masukannya tentang SMUX.

Saya ingin bertanya lagi tentang BGP.

Konfigurasi saya kurang lebih seperti ini:
A <--> B <--> C <--> D
DI mana A,B,C dan D adalah linux router, dan di belakangnya masih ada beberapa
network lagi.

A, B, C dan D menggunakan AS nUmber yang sama (iBGP).
Aku set, semua peering ke tetangga terdekat ( A peer ke B, B peer ke A dan C,
C peer ke B dan D, dan D peer ke C.), dengan konfigurasi:
        neighbor x.x.x.x remote-as 4832
        neighbor x.x.x.x description HAHAHA
        neighbor x.x.x.x soft-reconfiguration inbound
        neighbor x.x.x.x next-hop-self
        neighbor x.x.x.x distribute-list 30 out

dan
        access-list 30 deny 10.0.0.0  0.255.255.255
        access-list 30 deny 192.168.0.0 0.0.255.255
        access-list 30 deny 127.0.0.0 0.255.255.255
        access-list 30 permit any

Nah, A berhasil berkomunikasi (bertukar tabel routing) dengan B, B dengan C, C
dengan D dan sebaliknya.
So, Router A bisa nge-ping ke C, dan sebaliknya, karena routing ke sana
di-advertise oleh B.

Tapi, Router B tidak mau meng-advertise network di A ke C, dan network C ke A,
sehingga router A tidak bisa menjangkau network di belakang router C
Begitupun C tidak bisa menjangkau network di belakang router A

Apalagi D :-(

Herannya, kalau A dan D aku ganti AS Numbernya dengan ASN Privat (Konfigurasi
jadi eBGP), semua jalan dengan sempurna.
        neighbor x.x.x.x remote-as 65432
        neighbor x.x.x.x description KONEKSI KE SANA
        neighbor x.x.x.x ebgp-multihop 255
        neighbor x.x.x.x soft-reconfiguration inbound
        neighbor x.x.x.x distribute-list 10 out

Apakah ada perintah yang kurang?
Mohon pencerahannya dong....

--