Hai milisers,

Saya sudah berhasil install postfix+squirrelmail+courier-imap
di jaringan lokal (sementara khusus lokal). Seingat saya sampai
kemarin webmailnya bisa dipakai untuk kirim & terima email.
Hari ini, saat saya kirim email, ternyata emailnya tidak sampai2.

Penasaran saya cek satu demi satu:
  1. Semua service jalan normal: postfix, imap, http
  2. log /var/log/maillog tidak mencatat aktivitas ada email yg saya
     kirim via webmail, padahal biasanya mesti ada.
  3. Kemudian saya cek log di /var/log/httpd, nah ada ketemu sumbernya
     pada log error_log ada baris2 :
     sh: /sendmail: No such file or directory
  4. Saya heran apa mungkin, configurasi squirrelmail berubah sendiri,
     saya cek seperti ini:

     General
     -------
     1.  Domain                 : mega-plasma.co.id
     2.  Invert Time            : false
     3.  Sendmail or SMTP       : Sendmail

     IMAP Settings
     --------------
     4.  IMAP Server            : localhost
     5.  IMAP Port              : 143
     6.  Authentication type    : login
     7.  Secure IMAP (TLS)      : false
     8.  Server software        : courier
     9.  Delimiter              : .

     B.  Change Sendmail Config : /usr/sbin/sendmail
     H.  Hide IMAP Server Settings

  5. Apa mungkin dari plugins-nya ?

     Installed Plugins
     1. delete_move_next
     2. squirrelspell
     3. newmail
     4. abook_take
     5. administrator
     6. calendar
     7. filters
     8. message_details
     9. sent_subfolders
     10. translate
     11. change_pass
     12. username
     13. compatibility
     14. msg_flags
     15. jsclock
     16. timeout_user
     17. sent_confirmation
     18. vkeyboard
     19. view_as_html
     20. html_mail

     Rasanya juga tidak mungkin, karena seingat saya setelah percobaan
tambah
     plugin, webmailnya bisa kirim dan terima email normal.

Bingung rasanya, tolong deh pencerahan dari rekan-rekan.

TIA

-- yudi