From: "Adi Nugroho" <[EMAIL PROTECTED]>

> killall wvdial :-)

Thanks.
Kalau itu saya ngerti Mas. Pertanyaan pertama saya adalah bagaimana
caranya diskonek yg koneksi ke internetnya dilakukan secara otomatis
per time basis. Berarti perintah di atas harus dilakukan secara manual
dong. Kudu tahu fetchmail sudah lancar ambil semua email, email
di queue sudah dilemparkan semuanya ke mail relayer.

> Wah, rugi....
> Berarti kita buang pulsa hanya untuk nunggu idle :D

Ya, itulah satu-satunya cara yg sementara ini baru terpikir oleh saya.
Lagipula kadang-kadang koneksi pakai telkomnet instan ini, tidak serta
merta langsung up ke internet, melainkan memble sekian puluh detik.
Oya, tadi sudah berhasil koneksi terputus dg sendirinya setelah idle
sekian detik.

# cat /etc/ppp/peers/wvdial
  name wvdial
  idle 15   # diskonek jika idle 15 detik
  disconnect /usr/local/bin/disconnect # kalau begini, akan reconnect

# cat /usr/local/bin/instan-on
if [ ! -z `/sbin/pidof wvdial` ]
then
  typeKoneksi="Instan"
  echo "Connection is already established with $typeKoneksi. "
  echo ""
else
  echo "Preparing connection to instan ... "
  echo "Wait until Connected !"
  echo
  echo instan > /tmp/ppp.txt
  /usr/bin/wvdial Instan > /dev/null 2>&1 &
  true=y
  while [ "$true" = "y" ]
  do
    if /sbin/route -n | grep '^0.0.0.0' > /dev/null
    then
      echo "Connected !"
      exit
    fi
  sleep 1
  done
fi

# cat /usr/local/bin/disconnect
  /bin/kill -TERM `/sbin/pidof wvdial`

Alternatif lain adalah membuat script koneksi yg jadi satu dg jobnya
fetchmail dan sendmail.

# cat konek.sh
/usr/local/bin/instan-on
fetchmail -f .fetchmailrc -v --all
sendmail -q
/usr/local/bin/disconnect

Yang menjadi pertanyaan adalah agar job itu dijalankan satu demi satu
setelah satu job selesai dilakukan. Untuk job fetchmail bisa diatur
tidak jalan di background namun untuk job sendmail agak susah,
karena sesuai man sendmail: "Mail delivery always happens in the
background".

Jadi kalau perintah ini diekseskusi "sendmail -q", sessionnya akan
jalan di background, akibatnya perintah berikutnya akan dieksekusi:
  /usr/local/bin/disconnect

Akibatnya server tidak akan pernah kirim email :-(
Rekan-rekan postfix mungkin tahu caranya nyisipkan eksekusi script
tertentu setelah email keluar sukses dikirim semua ?

TIA

-- yudi