On Kam, 2004-08-19 at 05:48, Bambang wrote:

> Smootwhall sendiri sih tidak ada masalah, tapi saya belum bisa setting kalau
> mesin squidnya terpisah untuk dijadikan transparant proxy.

umumnya bertingkat

workstation -- natbox

               proxy

               router -- internet

natbox, proxy dan router ada dalam satu subnet IP publik yg didapat dari
ISP (untuk non proxy dikenal di internet dari IP natbox, sedang akses
web jadi dianggap dari IP proxy)

> Sekedar sharing saja, Gunakan Ipcop jangan gunakan smootwall, Future-nya
                                                                ^^^^^^
feature

> Btw, shorewall susah tidak yach, beberapa orang bilang gampang daripada
> setting iptables.

ilmu anda tidak akan bertambah banyak kalau hanya ngubek bagaimana cara
setting shorewall, ipcop dan apps firewall lain yg mirip, yang semuanya
itu berbasis iptables

silakan saja dipelajari config aplikasi tersebut seperti apa, yang mudah
yang mana, tapi jangan lupa pelajari juga apa sih maksudnya
iptables -I FORWARD -s blah -d blah -p tcp --sport blah --dport blah dst

--
Hulu dugul dihihidan: Nu keur senang tambang senang, nu keur untung
tambah untung.