On Sat, Sep 11, 2004 at 12:07:58PM -0700, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> saya udeh install squid dgn auth mysql , dan utk browse di linux dan ms$
> ok , dan saya coba di Yahoo messenger di ms$ juga ok , tapi saya coba di
> Yahoo Messenger di linux ko ndak bisa yach connecting trus ...

The log is your friend. Perhatikan lognya sewaktu anda connect dalam
environment yg terisolasi (hanya 1 client yg mau dites saja yg connect
ke squid).

> dan yg kedua gimana caranya biar situs tertentu tidak kena auth di squid
> yach saya coba taruh di atas nya auth program tapi tetep aja mesti
> authenthic .

Apa yg ditaroh di atasnya apa? Yang spesifik kalo memberi informasi;
posting aja langsung penggalan confignya yg relevan, it speaks 1000
words.

> misal situs detik tidak di auth langsung di by pas oleh siapa aja ( LAN )
> dan situs lain harus di auth .

acl detikcom ...
acl pengecualian_lain ...
acl auth_users ... proxy_auth ..

http_access allow detikcom
http_access allow pengecualian_lain
http_access allow auth_users
http_access deny

Syntaxnya silakan dibenerin sendiri atau konsultasi ke referensinya
squid. Yang penting konsep2nya: rules (http_access) itu dibaca dari
atas ke bawah, yang match duluan yg dipake sisanya tidak dibaca lagi,
dan kalo disebutkan bareng (http_access allow acl1 acl2) berarti
logical "AND" bukan "OR", artinya acl1 harus true dan acl2 harus true
juga.

Kalo konsep ini benar2 dipahami mestinya gak kesulitan mengatur
sendiri rulesnya, mau simple atau kompleks.

Ronny