> Mas Foryanto pake Promise ndak apa memang dukungan native dari
motherboardnya(untuk SATA)?
Kalo pake Promise bisa akses salah satunya ke
http://cns.georgetown.edu/~ric/howto/sata_150_tx4/

Kalo native dari motherboardnya biasanya beberapa motherboard menyediakan drivernya
buat Linux. Contoh :
Tyan : http://www.tyan.com/support/html/drivers_linux.html

Atau bisa juga nyari driver berdasarkan Chipset motherboard, misal :
VIA Based Chipset(VT 8237) : http://www.viaarena.com/default.aspx?PageID=2

At the end, bukan Linuxnya kok yang bermasalah, drivernya aja yang belum ketemu :)

benar sekali apa yang diungkapkan Pak Yantisa, memang dukungan hardware untuk Linux perlu sedikit improvisasi dan google-isasi (maaf kalau kata ini belum ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia), dikarenakan tidak semua vendor proaktif dalam menyediakan driver untuk linux, sehingga kadang2 pengguna linux harus menggunakan driver dari pihak ketiga.

merunut ke belakang, pengalaman saya dengan RAID card CMD CSA-649 juga
mengalami masalah yang sama, ini karena native kernel SuSE 6.3 belum
menyertakan dukungan terhadap chip harddisk controller ini, setelah saya
download drivernya di internet (maaf saya lupa urlnya, dan malas untuk
mencarinya kembali :)). ketika instalasi berlangsung, SuSE meminta
disket yang disertakan vendor, dan semuanya berjalan dengan baik

tapi tentu saja kernel terbaru 2.4.27, atau 2.6.8 sudah menyertakan
dukungannya secara built in, sehingga ketika saya mengkompilasi ulang,
tidak perlu lagi meload modul secara manual...

untuk Hard Disk SATA 150, saya baru mencobanya di MoBo EpoX 8RDA+
(nForce2 Ultra) mengunakan SuSE9.1, dan semuanya baik baik saja...

CMIIW

======
danke
merci