haloo semua...

saya pengan cerita nich, komputer saya di kampus sering mendeteksi IP bohongan. singkatnya begini, ada komputer (mis komp A) mengakses komputer lain (mis komp B) dengan IP yang tidak seharusnya.

detil cerita:
komp B terletak di subnet 10.10.10.0/24.
komp A terletak di subnet 10.10.20.0/24.

di router sudah dipasang rules IPTABLES agar subnet 10.10.10.0/24 tidak bisa masuk subnet 10.10.20.0/24.
akan tetapi komputer B bisa meng-hack (lewat SAMBA) komp A.
yang menarik, komputer A mendeteksi IP yang masuk komputernya adalah berasal dari subnet yang sama. setelah dicek, IP tersebut tidak ada.

pertanyaan:
1. apakah ini yang dinamakan spoofing?
2. antisipasinya seperti apa? (di router/komputer)
3. ada yang tau ngak pake software apa, supaya bisa ganti IP seperti diatas?