On Tuesday 21 September 2004 19:44, bulls wrote:
> Sering saya mendengar Linux itu lebih tahan terhadap virus. Apakah hal ini
> karena "virus developer" banyak yang bikin virus untuk MS dalam arti masih
> sedikit virus yang bisa run di linux. Seandainya banyak virus yang bisa run
> di Linux apakah akan senasib dengan MS ?. Ataukan memang system Linux lebih
> tahan terhadap serangan virus ?, Kenapa ?

Beda model pengembangannya :-)

Di Windows, kalau ada aplikasi yang bolong, sehingga bisa terserang virus,
akan tetap dibiarkan bolong, sehingga tiap orang bisa bikin virus sejenis
hingga bertahun-tahun kemudian.

Contoh, hampir semua virus yang beredar saat ini khan *cuman* virus
outlook/outlook express dan MS Office.

Kalau diperhatikan lagi, virus-virus tersebut sebenarnya mirip-mirip, alias
pada dasarnya sama saja.

Andaikan ketiga software di atas diperbaiki, kemungkinan besar dunia akan
bebas dari lebih 90% virus yang ada.

Tapi Microsoft tidak melakukannya, entah dengan alasan apa.

Di Linux, jika ada software yang bolong, sehingga terserang virus, misalnya,
maka para developer akan memperbaikinya, sehingga versi berikut dari software
tersebut sudah bebas dari bug yang sama. Itulah sebabnya Linux tidak rentan
virus, dan oleh karena itu tidak perlu antivirus.

--
Salam,

Adi Nugroho
PT iNterNUX - Internet Service Provider
Jl. Dr. Sam Ratulangi No. 53 J Makassar
Tel: +62-411-834690 Fax: +62-411-834691

Note: Aku cuman nulis dari pengalaman pake windows jaman dulu lho.... aku udah
hampir 5 tahun full linux di rumah maupun di kantor. Ketemu windows
belakangan ini paling di rumah orang atau di kantor orang, heheheh....