On Wed, Sep 22, 2004 at 11:09:43AM +0700, Amiruddin Utina wrote:
> dear linuxer
> saya langsung nanya ya?

Monggo

> saya ingin buat mail server dengan konfigurasi sbb:
> 1. konek ke internet menggunakan modem adsl 4 port dgn 1 ip publik dan di
> belakangnya network (192.168.10.0) dengan ip 192.168.10.100
> 2. mesin gw dan dns local dengan eth0 192.168.10.254 dan eth1 192.168.1.254.
> 3. rencana mail server ip 192.168.1.253.
> 4. domain saya di hosting di tempat lain (web hosting)
> 5. saya menggunakan mandrake 10 untuk gwnya sedangkan rencana mail server pake
> os rh9. dengan postfix.
> Apa dengan kondisi seperti ini saya bisa membuat mail server, mohon
> pencerahannya.

Bisa.

> Seandainya bisa gimana dan dimana saya harus setting dnsnya ?

Domain anda dihosting di tempat lain, apakah itu juga berarti email anda
juga ditampung di server penyedia hosting ? Kalau ya, itu lebih baik,
anda hanya perlu setup dns lokal saja, terus nyedot emailnya pakai
fetchmail kemudian dideliver ke user local oleh postfix. Lebih baik
lagi email di sana disetup untuk domainpop jadi cukup 1 account email
bisa nyedot banyak email recipients. Kemudian postfixnya kudu support
sasl atau smtp auth agar kirim emailnya dilewatkan ke mail relayer
(mail server penyedia hosting) itu kalau hostingnya punya service
SMTP untuk customer, yg saya tahu tidak menyediakan adalah cakraweb
ndak tahu sekarang.

Kalau postfixnya mau dihubungkan ke internet, siap-siap install:
  1. clam antivirus
  2. spam assasin

Welcome to the jungle :-) ...

Salam