On Thu, Oct 14, 2004 at 10:14:18AM +0700, Triadi Prastoto wrote:
> Benar Pak, sebelum mendial Client sudah punya IP sendiri yang fixed.

> Benar juga Pak, memang menggunakan IP si Client
> setelah berhasil terkoneksi di /var/log/messages remote IP isinya ya IP Client

> Benar Pak, tapi si Client ini tugasnya juga sebagai gateway komputer yg lain.
> Jadi kalau si Client terkoneksi maka si Server ini bisa meremote komputer yg ada di
> sekitar Client melalui si Client

Ada rekan di milis ini (sebelum berganti nama menjadi milis tanya-jawab)
memberi pencerahan 'do not reinvent the wheel'. Kalau sudah ada yg menyediakan
utility dialin server seperti mgetty, baiknya itu dulu yg dipakai. Bisa dicari
di google, step by step instalasi dialin server. Autentikasinya bisa pakai sistem
account /etc/password atau dibuatkan usernya di /etc/ppp/pap-secrets.

Jadi untuk apa anda memaksa agar client memakai ipnya sendiri agar server
bisa melihat seisi lan di belakang client ini ? Setahu saya yg masih newbie linux
ini, tiap interface jaringan, entah itu ethernet card (disimbolkan eth) atau
point-to-point (ppp) mempunyai ip sendiri-sendiri. Sebaiknya spt usul Pak
Andika yl, biar server memberi ip kepada client, yakni ip untuk device ppp0.

So, agar tujuan anda terlaksana maka langkah selanjutnya adalah tinggal
otak-atik rule iptables agar server dialin bisa melihat LAN di balik client tsb.

> Saya hanya menggunakan authentifikasi pap-secrets pada ppp dan
> menggunakan user yang sudah ada pada sistem.
> Dan setelah koneksi tersambung saya hanya menggunakan SSH.

Sebenarnya kalau sudah memakai pppd, dia menyediakan env variable CONNECT_TIME.
Anda tinggal mencomot variable tsb dan ditaruh di /etc/ppp/ip-down.local:

#!/bin/sh
#
# script /etc/ppp/ip-down.local (chmod 755)
#

echo $CONNECT_TIME > /tmp/lama_koneksi

Jika anda menguasai mysql, bisa juga sekalian mencatat user yg memakai koneksi
dialin dan mencatat lama koneksi tsb. Tentu saja user yg berhasil konek harus
dicatat di /etc/ppp/ip-up.local

#!/bin/sh
#
# script /etc/ppp/ip-up.local (chmod 755)
#

USER=`pakai_grep_untuk_ambil_user_yg_konek_di_/var/log/messages`
echo $USER > /tmp/user_ppp

Jadi nanti tinggal ditambahkan di /etc/ppp/ip-down.local di atas:

USER=`cat /tmp/user_ppp`
mysql -u root -ppassword internet < 'insert into logs values ("$USER",$CONNECT_TIME)'

Salam

-- yudi