saya baca di manual squid.conf (di squid.conf nya

), directive yg disaranakan tsb untuk seting squid
sebagai web server akselerator.  Karena transparent
proxy saya pasang di gateway subnet yg tidak
diaktifkan web servernya, siya tidak aktivkan direktiv
spt yg disarankan tsb.  Apakah transparent proxy bisa
jalan di mesin tanpa web server? kalau bisa, saya akan
aktifkan direktive tersebut; tapi kalau memang hrs
bersama web server, saya akan install apache-nya.

Saya tunggu tanggapannya lebih lanjut.
Trims, khususnya buat audwisis.

Regards