On Mon, 25 Oct 2004 22:03:08 -0700, Yori Verdian <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>  Begini saya ingin memonitor
>  jaringan dengan menggunakan SNMP tepatnya menggunakan SNMP untuk
>  mencari utilitas serta delay jaringan pada layer IP. Saya bener2 awam
>  dan saya tidak tau cara menggunakan SNMP.
>  Dari yang saya baca pada layer IP terdapat protokol ICMP. SNMP sendiri
>  memiliki group ICMP dengan variabel2 nya. yang saya tanyakan, dari
>  variabel ICMP tersebut manakah yang mengandung informasi tentang delay
>  dan bagai mana cara menggunakan SNMP guna 'mengambil' informasi ini.

Delay itu kan spesifik link. Delay dari A ke B beda dengan delay dari A ke C.
Karena MIB di SNMP yang standar hanya memuat berbagai parameter
generik, maka anda tidak mungkin bisa memperoleh nilai delay sekedar
dengan memanfaatkan SNMP dengan MIB standar.

Untuk mengukur delay, sekali lagi, perlu dinyatakan dari mana ke mana.
Hasil pengukuran ini *bisa* disajikan via SNMP agar mudah dibaca dari
komputer lain. Teknik mengukurnya, bisa dengan ping seperti saran
P Onno, atau dengan berbagai utilitas di
http://www.caida.org/tools/taxonomy/

--
 .''`.     Andika Triwidada <[EMAIL PROTECTED]>
: :'  :    just another Debian admin