----- Original Message ----- From: "Asfihani" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Sunday, November 07, 2004 1:14 PM
Subject: Re: [tanya-jawab] Tanya Postfix (pemula question)

Maksudnya adalah, bagaimana kalau saya ingin ada beberapa user di
sini yang
tidak boleh send/rcv email ke luar dan dibatasinya dengan ip pc
masing2 ?
apakah caranya sama dengan email anda kemarin yang mengenai
pembatasan email
dengan domain tertentu ? mohon petunjuk donk......

Sama saja :-), siilakan membaca restriction classes, sebagai contoh penggunaan restriction classes untuk masalah diatas adalah: http://www.mail-archive.com/postfix-users@postfix.or.id/msg00832.html

Iya saya sudah baca panduan dari Mas Asfik cuma belum berhasil...... nanti deh diulangi lagi mbacanya........

Ada satu lagi nih yang mengganjal...... bagaimana caranya supaya kalau saya email-emailan dengan alamat email lokal yang lain, langsung dapat dikirimkan ke tujuan lokal tersebut alias tidak perlu ke server di ISP segala... karena "terasa sekali" jika mengirim email ke lokal saja butuh waktu > 15 menit. Apakah ada yang mesti diubah di main.cf nya ? berikut saya lampirkan postconf -n.

[EMAIL PROTECTED] root]# postconf -n
alias_maps = hash:/etc/postfix/aliases
allow_percent_hack = yes
append_at_myorigin = yes
append_dot_mydomain = yes
command_directory = /usr/sbin
config_directory = /etc/postfix
content_filter = smtp:localhost:10024
daemon_directory = /usr/libexec/postfix
empty_address_recipient = MAILER-DAEMON
inet_interfaces = all
luser_relay = [EMAIL PROTECTED]
mail_owner = postfix
mailbox_command = /usr/bin/procmail
masquerade_classes = envelope_sender, header_sender, header_recipient
masquerade_domains = $myorigin
masquerade_exceptions = root
mydestination = $myhostname localhost.$mydomain
mydomain = inkemaris.com
myhostname = postfix.inkemaris.com
mynetworks = 192.168.1.0/24, 127.0.0.0/8
myorigin = $mydomain
queue_directory = /var/spool/postfix
unknown_local_recipient_reject_code = 550

Terima kasih atas bantuannya

Dwi Nugroho