On Mon, Nov 22, 2004 at 11:36:24PM +0700, Andy Saputra wrote:
> Gimna caranya matiin service proftpd, saya udah coba tapi tetap
> running.. please penjelasannya ..

Anda pake distro apa? proftpdnya anda install sendiri atau sudah ada
waktu install distro linuxnya? Kalo install sendiri compile dari
source atau pake binary package (rpm? deb? tgz?)?

Anda coba matiinnya gimana? Dan taunya masih running gimana?

Cara matiin suatu proses umumnya tinggal kill (send a kill signal) aja
prosesnya, tapi ada proses2 spesial yg perlu cara khusus karena ada
bbrp hal tambahan yg harus dikerjakan waktu startup/shutdown jadi
biasanya ada cara khusus utk menangani services ini, dan masing2
distro mungkin punya cara yg sedikit berbeda2, ini kenapa saya tanya
distronya.

Utk sistem yg pake sysvinit seperti redhat/fedora dan gentoo, utk
mengatur suatu service tinggal jalanin init script yg ada di
/etc/init.d/, misalnya utk proftpd most likely ada script namanya
/etc/init.d/proftpd, kalo mau nyala/matikan tinggal:

        /etc/init.d/proftpd start
        /etc/init.d/proftpd stop

Ronny