----- Original Message -----
From: "Asfihani" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Tuesday, November 23, 2004 4:45 PM
Subject: Re: [tanya-jawab] setelah crash smtp service (qmail) ada yg gak
beres.

> Pak Rianu, coba pada waktu keadaan "macet" dilihat, apakah ada queue
> yang rusak? Anda bisa melihatnya di log. Serta bisa diamati apakai
> queue juga membesar. Bisa jadi gara-gara mati lampu, struktur
> direktori qmailnya corrupt.

++ saya udah coba perhatiin, log qmail-send/qmail-smtpd/qmail-pop3 nya
keliatannya sih normal, di qmail-qread saya cari itu email engga nyangkut
diantrian, di qmail-qstat yang " ... not yet preprocessed: 0"
 , saya jg kepikiran apa queuenya ... trus saya benerin pakai "queue-fix"
tapi masih juga terjadi hal yg sama

tapi kemaren saya sempat utak-atik di script supervise/qmail-smtpd/run ,
bagian /usr/local/bin/rblsmtpd -r relays.ordb.org , hasilnya setelah saya
diemin 1 malam sampai sekarang udah gak bermasalah lagi. saat perhatiin mrtg
jadi inget problem tsb muncul saya kira tanpa pola tertentu, ternyata saya
salah problem tsb muncul saat utilitas bandwidth ada diangka 90% pas traffic
in and out nya tinggi.

sementara ini sih jadi solusi, tapi masih engga rela nih nglepas rblsmtpd
kira-kira ada solusi laen gak ya ?
BTW umur saya gak beda jauh ama mas asfik, so risi rasanya kalo dipanggil
pak ... ;)
thanks

salam,
-rianu-