79      evolution-2.0.0.tar
#cp ev* /home/test
#repquota -a
... (dipotong)
test     ++      20       1       1  7days       9     1     1  6days
#userdel -r test
#repquota -a
... (dipotong)
#506      -+       0       1       1              3     1     1  6days
 ---> Ini dia ninggalin uid dari user test.
#useradd testlagi
ide0(3,2): warning, user block quota exceeded.
#repquota -a
... (dipotong)
testlagi      ++      20       1       1  7days       9     1     1
6days

Pertanyaan:
Disini saya lihat bahwa untuk menghapus user quota tidak bisa hanya
dilakukan hanya dengan melakukan userdel -r $user. Karena kalo ini
dilakukan, bila di-repquota -a, dia akan meninggalkan "trace" berupa UID
$user yang bersangkutan (dapat dilihat diatas). Terus kalo di-useradd
$user lagi, dia akan menampilkan pesan kelsalahan bahwa quota sudah
exceeded (soalnya quota saya set 1mb, tapi saya isi tarball evolution
yang besarnya 79mb). Terus gimana dong cara hapus user quota yang aman??
biar kalo di-repquota -a, dia gak ninggalin "trace" UID $user lagi, dan
bila di useradd, dia mendapatkan quota yang "normal"? yang soft dan hard
limitnya masih nol, tapi tanpa harus menggunakan opsi -u saat useradd.

Oia, dulu pertama kali nyoba quota (mungkin dalam keadaan ngantuk),
ketika di-repquota -a saya mendapatkan block dan file used dengan angka
sekian, terus saya coba copy beberapa file yang gede, kemudian saya
repquota -a lagi, angka untuk block dan file used berubah. tapi koq
ketika saya coba lagi (beberapa hari kemudian), angka untuk block dan
file used tidak berubah-ubah, walau udah copy file yang gede, kenapa ya?
emang seperti ini? atau mata saya yang udah terlalu ngantuk waktu itu,
hingga kurang memperhatikan? :)

tambah satu lagi... boleh kan? :)
tanda --, -+, dan ++ saat di-repquota -a itu berarti apa ya?

Terima kasih banyak ya sebelumnya....

--
bn