Saya mau tanya nih, perusahaan saya membutuhkan server untuk digunakan sebagai :

1. Network server
2. Mail Server
3. Web Server
4. Proxy Server
5. Firewall + Anti Virusnya
6. Database Server berikut program aplikasinya untuk entry data.

Pertanyaannya :
1. Berapa mesin yang saya perlukan ?
2. Distro apa yg hrs saya gunakan ?
3. Software apa yg hrs saya gunakan ?
4. Bagaimana pembagian server ke tiap mesin ?

Untuk jml user yg konek ke internet dlm satu lokasi kurang lebih 20 s/d 25 mesin.

Koneksi antar cabang dan cabang dg pusat rencananya menggunakan VPN (menggunakan ADSL unlimited dg beberapa IP Static, yang rencananya akan saya gunakan untuk mail server dan web server) tp saya belum bisa nge-set-nya. Perusahaan mempunyai beberapa cabang di luar kota. Atau mungkin dr rekan-rekan ada saran yg lebih baik dan hemat untuk koneksinya....

Thx,

Yk

--
Using Opera's revolutionary e-mail client: http://www.opera.com/m2/