On Thu, Dec 02, 2004 at 05:43:58PM +0700, tanya wrote:
> saya mo nanya, gimana caranya supaya linux bisa single sign on?
> (single sign on: satu password untuk semua aplikasi linux)
> gunanya supaya tidak login berulang-ulang

Ada dua bagian:

- centralized user database, satu user database yg sama utk semua
  login services, supaya tidak usah masing2 service punya user
  database sendiri2, misalnya pake LDAP.

- single sign-on, supaya proses loginnya tidak berulang2, contohnya
  pake sistem ticketing dengan Kerberos.

Kalo aplikasinya support LDAP dan Kerberos (misalnya) maka bisa single
sign-on dan centralized user management. Kalo gak salah Active
Directory nya Windows diadaptasi dari LDAP dan Kerberos yg bermula dr
lingkungan Unix.

Kalo mau info lebih lanjut silakan google dg keywords "ldap kerberos".

Ronny