--- Henry Johnston <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> mau tanya nih, saya masih baru dilinux, dan saya
> punya masalah dengan share
> internet.
>
> dikantor saya menggunakan cable modem (asumsi
> bandwidth yang saya dapat
> 20kbps) dan ada sekitar 40-an komputer. dulu waktu
> masih pakai windows
> sebagai gateway, saya menggunakan wingate untuk
> share internet. tidak ada
> masalah dengan koneksi internet, walaupun agak
> lambat.
>
> kemudian saya beralih kelinux. setelah menggunakan
> linux sebagai gateway
> [...]

Sebelum bermain di server linux anda dengan
konfigurasi didalamnya, pastikan dahulu semua client
windows anda bebas dari virus dan spyware/p2p dsb.
Tanya Boss anda semua client ini hanya bisa akses
email/browser/chat diatur secara baik ?

Setelah benar-benar bersih baru cek konfigurasi server
anda, iptables bukan membuat cepat internet ke client
anda, yg membuat cepat adalah jika ISP anda memberikan
benwit yang sesuai dengan langganan anda ini juga
sesuaikan dengan jumlah pc client.
Untuk meningkatkan kinerja itu baru kita automasi
dengan linux tambahkan squid+clamav redirector cari di
http://freshmeat.net/

utk iptables baca-baca ;
http://www.linuxguruz.com/iptables/
http://www.netfilter.org
http://www.iptablesrocks.org

Jika anda mau menggenerate skrip firewall langsung
coba, http://easyfwgen.morizot.net/gen/

-R Jantarasami