Hallo Linux Mania

sy baru kembali ke linux lagi (setelah 1,5 meninggalkan linux).
Sy install squid dengan redhat 9 u/ proxy di Office / sebeleumnya pakai
Winproxy.
Alhamdulillah saya rasakan peningkatan kecepatan aksesnya luar biasa.
Spek Komputer :
- Cache Mem 2 GB,
- HD SCSI 18 GB,
- Computer IBM @Server P4 2,2 GB,
- Memory 500 MB.
- Connection via Cable Vision/ Link Net.
- Client di setting di IE nya masing-masing.

Tetapi ada Masalah yg sampai sekarang saya belum bisa pecahkan  :
1. Squid Server nya tidak bisa langsung connect ke network Cable Vision.
   Saya pasang 2 Card Network :
   - Satu pakai DHCP u/ dapat ip dari Provider (Karena kami tidak dpt IP
static).
   - Satu card lagi u/ connect ke local network.
   Kalau pakai proxy windows tidak ada masalah.
   Sehingga sy harus menaruh Komputer Windows Proxy sebagai interface ke
Cable Visionnya.
   Server Squidnya saya kasih GateWay dengan IP nya Windows Proxy.
   User/ Client saya kasih IP di IE nya dengan IP Server Squid.
   Solusi inilah yg saya pakai sekarang ini.
   Apakah teman-teman bisa memberikan solusi yg terbaik..........???
   Karena sy merasakan belum maksimal dengan cara seperti ini.
   Sy yakin kalau sy langsung menghubungkan Squid servernya ke cable vision
kecepatannya jauh lebih besar.

2. Bagaimana cara mengetahui user-user mana aja yg sedang ngebrowse....???
   Dan kemana mereka browsingnya.....???
   Apakah ada tools berbasis grafis/web u/ monitor akses internet....???

Makasih atas pencerahannya.