Untuk menghubungkan kantor pusat dengan 2 kantor cabang PKS, dibutuhkan link wireless radio dengan spesifikasi sebagai berikut :

1. Type koneksi point to point , total 2 link wireless point to point, 1 ke cabang 15 km, satu lagi ke cabang 24 km.
2. Menggunakan teknologi wireless Wifi 802.11b 2,4 GHz Outdoor , antena Grid 24dB , Ampli 250 mWatt untuk masing-masing koneksi.
3. Access Point di pasang di setiap kantor , baik pusat dan di 2 cabang , untuk kebutuhan lokal akses internet wireless.

Requirement :
1. Antara Kantor Pusat dan 2 kantor cabang harus Line of Sight (LOS) , tidak ada penghalang. Dibutuhkan tower , jika antara kantor pusat dan cabang tidak line of sight..

Biaya :

1. Satu Pasang (2 Set Radio ) Radio SmartBridge 2,4 GHz + Antena Grid 24dB + Kabel RJ-8 : USD 1200 , dibutuhkan 2 Pasang Radio : 2 x 1200 = USD 2400
2. Ampli 250mW @ 150 USD , 4 x 150 = 600 USD , Ampli di pasang di setiap 2 sisi link, total 4 Amplifier.
3. AccessPoint , LinkSys WAP11 @ 90 USD , 3 x 90 = 270 USD

salam ...bobby&romie