Halo mirza,
udah dikenali oleh linux, tapi tetap aja ketika saya mau menyimpan konfigurasi yang ada di list adalah hanya hd internal dengan
fat32, hd 40 gb saya udah saya partisi dengan format file NTFS,yang saya tanyakan bukan bagaimana linux mengenali usb eksternal saya, tetapi
bagaimana menginstall linux sehingga fungsinya dan kinerjanya sama dengan ketika saya menginstall linux di desktop saya.oh..ya..laptop saya
mendukung booting dari usb, nah inilah yang mau saya manfaatkan shg saya punya full linux instalasi pada hd eksternal saya ?
flash disk saya lexar udah saya bilang sangat comptible linux , jadi pas ditancepin sesaat kemudian suse memunculkan shorcut pada desktop,
jadi gak usah liat /var/log/messages, tapi sekali lagi bukan itu yang saya tanyakan .

sekian semoga membantu anda menjawab pertanyaan saya.

best regards,

suwanto