On Thu, Jan 27, 2005 at 04:50:41PM +0700, samurai wrote:
> helo rekan2..tanya ya,..
>
> saya punya kasus seperti ini...ada sebuah lab. komputer dimana ingin
> disetting koneksi internet akan tetapi..pengennya cuma bisa email by outlook
> saja..gak mau yang laen...maklum takut ngerjain yang gak..gak..hehehe

Maksudnya client hanya diperbolehkan mengakses email melalui Outlook ?
Lantas email yg diakses itu apakah email untuk komunitas anda atau
client bisa memakai pop3.telkom.net untuk menerima email ?

Kalau untuk yg pertama, anda tidak perlu modifikasi iptables, tidak
perlu ipforwarding, tidak perlu nat, cukup yg default saja, atau
jika linuxnya dipasang proxy, blok saja ip-ip yg tidak dihendaki.
Biarkan client-client mengakses email yg ada mail server lokal
melalui koneksi IMAP atau POP. Meski mail server lokal tapi koneksinya
ke internet kan ?

Untuk pengguna tipe kedua, coba diset iptablesnya untuk membolehkan/
memforward trafik ke port 25 dan 110. Maaf, belum bisa kasih setingan
iptablesnya, soalnya baru belajar.

Salam

~yudi