On Mon, 1 Jan 1990 13:27:14 +0800, Musashi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> driver modem pctel nya sudah sukses terinstal.
>     ~#./instal
>     detecting your modem...found. Your modem is a pct789 type modem.
>     installing device file...done
>     installing driver...done
>
> ternyata drivernya mau di instal kalo dia ada di partisi-nya linux (disini
> saya taroh di /root),
> sebelumnya ga bisa mulu krn saya coba instal di partisi-nya windows(vfat).
> mengapa bisa begitu ya?

no comment :-)

> [...]
>     a gcc version 3 compiler. This is known to not work.  <--nah ini dia :(
>
>     ~#insmod ptserial
>     /lib/modules/2.4.22-1.2115.nptl/misc/ptserial.o: unresolved symbol
> put_uart_lsr
>     /lib/modules/2.4.22-1.2115.nptl/misc/ptserial.o:
>     Hint: You are trying to load a module without a GPL compatible license
>       and it has unresolved symbols.  The module may be trying to access
>       GPLONLY symbols but the problem is more likely to be a coding or
>       user error.  Contact the module supplier for assistance, only they

masalah GPL nya mungkin cuma warning. tapi unresolved symbol nya
mungkin bisa pakai fixscript.
http://www.peacefulaction.org/sayamindu/pctel.html
disitu ada fixscript.gz, coba dulu aja.

> karna ga mau trus saya force aja semuanya pake opsi -f,akhirnya mau juga
>     # lsmod
>     Module                  Size  Used by    Tainted: PF
>     ptserial               42180   0  (unused)     <---|- ini dia ada, tapi
> knapa ada pesan unused ya?
>     pctel                1121936   0  [ptserial]    <--+
>     i810_audio             27048   0  (autoclean)
>     ac97_codec             17064   0  (autoclean) [i810_audio]

karena anda belum dial ke ISP, jadi unused.

> [...]
> /dev/ttyS2 (sesuai spt yg saya baca di howto modem kalau modem internal tu
> ada di /dev/ttyS2 atau Com3 kalau di windows[cmiiw]),
> lalu keluar pesan kalau modem lagi sibuk, padahal modem kan lagi ga
> ngapa2in.trus saya coba juga mulai /dev/ttyS1 sampai /dev/ttyS3 tapi sama
> aja,kecuali di /dev/ttyS0 si modem mau di query tapi hasil querynya kosong
> semua....
> jd saya pengen tanya kepada teman2 semua yg lebih berpengalaman.
> apa lagi yg harus saya lakukan supaya modem saya bisa jalan di linux?

coba anda perhatikan output ls -l /dev/modem, me-link kemana...

kalo ga bisa juga, mungkin saatnya berhitung.
waktu tersita vs membeli modem external yg bukan winmodem.