Hello Rumy,

RT> Gak tau ... soalnya gak ada error message atau log yg diposting, padahal
RT> masalahnya biasanya kelihatan kalo liat di log ;) ... emang waktu gak ke
RT> buka di browser gak ada error messagenya?

RT> Tapi barangkali list ini bisa membantu.
RT> 1. Apakah apache+ssl sudah di install/aktifkan?
RT> 2. Apakah ada yg listen di port 81 dan 445? (netstat -a)
RT> 3. Apakah koneksi ke port 81 dan 445 di allowed firewall?
RT> 4. Apakah ada log nya? :P ... eh udah ya.

Sudah bisa, ternyata setelah saya baca2 lagi docs nya :)) untuk Green harus IP
local dan
Orange untuk DMZ.
Jadi konfigurasinya sbb:
Red (Internet): 202.100.4.3  /netmask: 255.255.255.192
Orange (DMZ)  : 202.100.1.29 /netmask: 255.255.255.240
Green (Local) : 192.168.1.5  /netmask: 255.255.255.0

Kalo masalah sebelumnya, baik apache+ssl dan port2 udah listen semua.
Dari /var/log/messages gak keliatan, dari /var/log/httpd/error_log
cuma keliatan "Port 445 already in use bla bla bla.." makanya jadi
binun :))

BTW, setelah saya coba, IPCOp ini emang bagus, instalasi dan
adminnya mudah karena semuanya lewat GUI.
Tapi kayaknya kok buat saya masih kurang yah, karena filtering
port berdasarkan IP Address dari internet menuju DMZ masih terbatas.
Misalkan:
Di DMZ ada 5 server, dengan 2 webserver dan 1 mailserver. Untuk
filtering IP address mailserver port 25 dan 110 tidak ada masalah,
karena hanya 1 IP. Sedangkan Untuk memfilter Webserver port 80 hanya bisa
bisa dilakukan untuk 1 IP address aja. Jika saya coba dengan IP addres
yg kedua, maka akan ada error "port 80 already in use".

Mungkin Linuxers ada bisa setting filtering portnya dgn kasus spt diatas ?
Atau jika memang ini keterbatasan IPCop (maklum free opensource), apa
ada Linux Firewall yg bisa demikian ?

                                  --
Best regards,
 n0e                            mailto:[EMAIL PROTECTED]