On Wed, Feb 16, 2005 at 04:44:46PM +0700, Super Linux wrote:

> Kebetulan untuk database domain cosmopolitan tidak ada di server
> bersangkutan, jadi hasil query ldap harusnya false.

% postmap -q cosmopolitan.co.id ldap:acceptdomains
% echo $?

(return value postmap harus 1, not found).
seperti email saya sebelumnya gunakan '%s' jangan '*' pada
ldap_query_filter. '%s' akan disubstitusikan ke $domain
oleh postfix. kalau postmap return 0, berarti 'found',
u/ itulah sesuai filosofi (ciee..) address class, maka
$domain ybs masuk sebagai virtual mailbox domain class,
dan berlanjut ke pencarian valid mailbox ke virtual_mailbox_maps,
dan pasti not found (virtual_mailbox_maps, selalu mengikut-
sertakan domain part pada lookup, yaitu @domain untuk catchall,
atau [EMAIL PROTECTED]).

btw, waktu victor memunculkan ide soal address classes, saya
dalam hati berpikir, ini bisa jadi potensi u/ membingungkan
user. baca ADDRESS_CLASS_README dan perlu dipahami, pencarian
pada dictionary ldap untuk virtual_mailbox_maps, RHS tidak
diperhatikan nilainya, u/ itulah misal kita pakai hash, format
berikut bisa (harus) dipakai:

cosmopolitan.co.id      OK
mra.co.id               DAN .. ini juga ok
postpi.com              whatever :-)

di atas berlaku juga u/ dictionary yang lain. karena anda
minta whatever value dari associateDomains, maka dictionary
ldap selalu menjawab 'found'.

> Karena yang tereject sender, mungkin maksud Pak Asfik adalah:
> smtpd_reject_unlisted_sender (default: no)

saya kurang tahu maksud Pak Asfik, tapi menurut saya,
smtpd_reject_unlisted_sender = yes malah lebih bagus
(bisa juga tidak ...). point saya, pecahkan masalah pada
tempatnya.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja