Assalamualaikum Wr.Wb

3. Kalau kabel hub to hub, bagaimana cara membedakan apakah di pakai kabel
cross atau kabel straight?

bisa dipake dua2nya

suwanto>mungkin bisa tapi antara host dengan host pasti gak connect.., soalnya udah ada aturan dan teori dasar tentang hal tersebut.Jika kamu menggunakan kabel UTP (ada 4 pasangan kabel) kemudian kamu crimping pada connector RJ-45 dengan menggunakan urutan yang dibuat oleh kamu sendiri tanpa mengikuti aturan TIA 568-A atau B, memang komputer akan konek ke jaringan, tapi sering host seperti bloon, kadang-kadang connect kadang2 hilang koneksi.

4. Ada beberapa hub/switch merk d-link di kantor saya yang sering hang
portnya. tapi begitu dimatiin
dan dipindah keport yang lain yang kosong. baru koneksi jalan lagi. itu
karena apa ya?

ya "mulai" rusak

suwanto> kenapa kita harus selalu mencurigai device yang defective, kalau misal ternyata pemasangan konektor UTP (4 pasang kabel yang saling berpilin) pada konektor RJ-45 tidak tepat (tidak standar) dan pemilihan tipe cabling yang salah (Crossover atau Straight), jika kita mau meneliti satu persatu setiap konektor pada jaringan yang terhubung pada device yang dicurigai rusak dan ternyata kita menemukan sesuatu yang tidak standar kemudian kita membetulkannya sesuai standar, maka biaya akan jelas lebih ditekan, meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama.
Oke ini hanya saran...

regards,

suwanto