Hai milisers,

Mungkin ada rekan-rekan yg pakai slackware yg pernah mengalami hal yg
sama dengan saya, seperti saat install slackware sengaja melewati
beberapa package tidak diinstall seperti mungkin package lib (l)
(berani sumpah yg saya uncawang saat instalasi tsb bukan lah paket kritis
spt lib untuk gnome/kde krn linux boxnya tidak pakai X sama sekali).
Well, ini repotnya pakai slackware yah :-), soalnya saya terbiasa
pakai redhat sih hehehe ... Tidak ada informasi saat install
package ini, misalnya saat install paket samba harus menyertakan
paket lib tertentu (kalau di redhat ini namanya dependency error
dan bisa secara otomatis include paket yg saling ketergantungan).
Akibatnya apa ? Saat saya mount file yg disharing di kompie windows:

  mount -t smbfs -o username=guest //192.168.0.100/d /mnt/smbfs

Ada beberapa baris error yg susah diartikan sebagai info bahwa ada
file atau paket yg tidak diinstall. Saya cari-cari di mbah google,
jawabannya malah bikin tidak jelas dan susah diterapkan. Tapi
untunglah saya kebetulan install slackware yg semi full - maksudnya
beberapa paket yg secara default dicawang untuk instalasi tdk
dg sengaja saya uncawang - dan perintah di atas 100% berjalan.
Akhirnya saya baca isi /var/log/packages, dan saya install paket lib
yg perlu. Voila, perintah mount di atas akhirnya bisa berhasil.

Nah sekarang tambah 2 persoalan, saya curiga ada hubungannya dg
instalasi paket lib yg kurang lengkap:

1. Saya edit crontab pakai 'crontab -e' anehnya hasil editing saya
   itu tidak tersimpan sama sekali saat saya buka perintah di atas
   sekali lagi atau pakai 'crontab -l'. Satu-satunya cara untuk
   edit crontab adalah 'vi /var/spool/crontab/root'

2. mrtg dan snmpd sudah diinstall, dan nampaknya snmpd sudah
   running well, tapi tidak untuk tampilan grafik mrtg, kok yg
   muncul cuma kotak/wadah grafik doang tanpa ada grafik pergerakan
   bandwith ? Besaran numeriknya sih ada. Apa-apa yg saya install
   untuk mrtg sudah lengkap pokoknya sudah sesuai dg requirement
   instalasi mrtg, seperti libpng, libjpeg, libtiff, perl, dll.

Pada komputer dimana diinstall slackware secara default, problem
di atas tidak ada sama sekali. Tolong deh jika ada rekan-rekan yg
tahu paket apa saja yg mungkin lupa/belum diinstall ? Tapi jangan
bilang install ulang yah ? Alternatif lain adalah mencocokkan
daftar instalasi di komputer yg benar dan komputer yg bermasalah.

Demikian cerita dr seorang redhat user.

TIA

~yudi

NB: Kok jadi malahan enak pakai redhat, bukannya direpotkan dg
    dependency error saat install rpm, krn diingatkan dr awal
    instalasi jadi tidak repot saat mau menjalankan paket tsb.
    Tapi ya itu, kok dirasa-rasa pakai slackware 10 lebih
    enak dr redhat 9 :-) ... krn angkanya lebih 1, hehehe ..