Iftop,merupakan tools buat analisa sekaligus memonitoring  traffic
jaringan baik yang datang (incoming) maupun keluar (outgoing),dengan iftop
banyak sekali manfaatnya selain tampailannya yang UserFriendly under
console sekaligus gampang menganalisanya...

Dengan Iftop kita bisa tau traffic yg keluar atau mengarah jaringan kita
kema saja misalkan port atau traffic TCP atau UDP sekaligus bisa lihat
seberapa besar traffic yang lewat.

Cocoknya iftop dipakai berdampingan dengan tcpdump,misalnya apabila
network anda terkena flood atau pengen melihat & analisa traffic yang
lewat ini pada jariangan anda berupa apa atau menuju kemana

Untuk lebih jelasnya lagi h (help) atau baca manualnya

regards,
Massigit Dian Santosa