On Mon, Mar 14, 2005 at 01:21:45PM +0700, eko hermiyanto wrote:
> Saya sangat menyukai GNU Nano karena sangat elegan dari
> segi penggunaan. Saya sendiri pernah menggunakan GNU
> Emacs, Vim, GEdit, KEdit tetapi saya selalu condong ke GNU
> Nano. Bolehkah saya tahu kenapa teman-teman suka GNU Emacs
> atau Vim? Dan juga kalau ada teman-teman yang menyukai
> text editor lainnya, tolong sebutkan juga ya? Mari kita
> berbagi pengalaman kita tentang text editor di forum ini.

Wah, mestinya anda mulai duluan cerita kenapa anda lebih condong ke
GNU Nano. Saya pertama kali tau editor di unix adalah pico (nano is
based on pico) di solaris, tapi ya nothing special sih menurut saya,
plus licensingnya agak gimana gitu dulu, jadi tambah males.

Saya bisa 'gerak cepat' kalo mau ngapa2in pake vi, terutama vim. Ini
alasan yg pertama kali membuat saya tertarik pake vi, tepatnya
terbengong2 kagum waktu pertama kali liat Pak Budi (Rahardjo) pake
begitu lincahnya mengedit file di computer saya pas baru diinstallin
Linux sama beliau (pertama kenal Linux juga dari Pak Budi).

Selain itu sih tergantung kebutuhan aja. Lexical highlighting, regex,
macros, programmer's mode (programmable auto indenting, highlighting,
etc), bisa efficient dipake lewat remote network connection (coba
hapus 100 baris berurutan pake editor lain), relatif "ringan", banyak
tersedia di mana2 (dan kadang2 cuma ada vi doang editornya), you name
it, options dan featurenya bejibun. Kebetulan saya udah ketagihan juga
pake vim, jadi ada faktor subjektifnya juga.

Ronny