-----Original Message-----
From: Tunggul A Siswoyo [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, March 18, 2005 9:51 AM
To: tanya-jawab@linux.or.id
Subject: Re: [tanya-jawab] Simple question about DNS

>ini test ping dari mana? localhost (DNS o77.co.id)? DNS query di mesin
>ini diarahkan ke mana?
>coba tambahkan baris-baris berikut di /etc/resolv.conf :
>search o77.co.id
>nameserver 202.155.0.17

Bukan, Mas. Saya test ping dari komputer lain (Win98) yang mana DNS-nya saya
arahkan ke mesin DNS saya. Dan hasil test ping dari komputer tersebut
lancar. Tidak ada delay. Kalau DNS query di mesin DNS itu sendiri diarahkan
ke loopback interface.

Untuk baris di atas (/etc/resolv.conf) sudah saya coba. Hasilnya tetap sama.
Ada delay sekitar 10 detik kalau saya jalankan test ping dari mesin DNS ke
mail.o77.co.id (IP: 202.155.0.17) atau ke ns.o77.co.id (IP: 202.155.0.17).
Padahal record2 tersebut ada di mesin DNS itu sendiri.

>mungkin karena operasi "dig o77.co.id > /tmp/dig" dilakukan setelah "dig
>o77.co.id", jadi sudah ada cache ip untuk o77.co.id di DNS server, tidak
>perlu query ke DNS server o77.co.id lagi seperti waktu "dig o77.co.id"

Ya, cache seharusnya bisa menjawab pertanyaan saya. Tapi di mesin DNS ini,
sebelum saya menjalankan command "dig o77.co.id mx > /tmp/dig", saya
jalankan berulang kali command "dig o77.co.id mx". Hasilnya tetap sama, 68
msec. Berarti caching nameserver-nya tidak jalan. Entah kenapa. Tapi, ya itu
dia. Kenapa hasilnya bisa 1 msec jika output-nya diarahkan ke file ?

Terima kasih,
LinuxDesktop