-----Original Message-----
From: Samuel Satyagraha [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, March 18, 2005 5:46 PM
To: tanya-jawab@linux.or.id
Subject: [tanya-jawab] Re: ***SPAM*** [tanya-jawab] Simple question
about DNS

>Hmm, sepertinya bukan masalah DNS nie, Mas.. tapi masalah response dari
>mail.o77.co.id bila dilakukan ping dari komputer Anda.
>Bagaimana bila dari mesin Anda, dicoba untuk melakukan ping ke IP
>Addressnya dari mail.o77.co.id saja? :)

Justru sepertinya memang masalah DNS. Lebih tepatnya DNS entry. Jawabannya
sudah saya temukan atas instruksi dari Mas Rizky Prasetya.

>Sepertinya redirection ini memang hanya "mengalihkan" stdout file
>tertentu.. Kalau saya tidak salah duga, hasil dns query dari dig yg
>pertama kali Anda lakukan telah di-cache, sehingga pada saat Anda
>me-redirect outputnya ke file query timenya hanya 1msec saja...
>Coba Anda lakukan dig berulang kali dan amati query timenya  :D

>Ini hasil yg saya coba di mesin saya:
>$ dig google.com   ---> dig pertama kali
> [...]

Betul, Bung Samuel. Cache seharusnya menjadi jawaban. Tapi sepertinya tidak
pada kasus yang saya alami. Caching namserver-nya somehow tidak berfungsi.
Karena sebelum saya jalankan "dig o77.co.id mx > /tmp/dig", saya jalankan
command "dig o77.co.id mx" berulang kali. Dan hasilnya tetap sama, 68 msec.
Apakah caching-nameserver-nya tidak berfungsi, atau memang tidak berfungsi
jika digunakan untuk query dari locahost ke localhost ? Dig yang Bung Samuel
jalankan kan langsung query ke internet. Sedangkan PC saya tidak terhubung
ke internet. Sementara ini, itu asumsi saya. Anyway, thanks atas jawabannya.

Salam,
LinuxDesktop