On Wed, Mar 30, 2005 at 11:40:07PM -0800, Nurul Hidayati wrote:
> Kantor saya berencana mau beli Server IBM X-Series yang gunanya untuk
> hosting (webserver)   ama email (mail server). Rencanya OS yang mau
> dipake adalah LInux Redhat 9.

Hm, kok pakai redhat 9 ?
Saya sendiri pakai bersamaan redhat 9 dan slackware 10.
Redhat 9 saya instal pada server untuk sekolah SMKN di sini
(Situbondo dan Bondowoso). Slackware 10 saya install sendiri
untuk eksperimen dan sekaligus untuk demo server linux ke
sekolah-sekolah di sini. Kok rasa-rasanya enteng pakai slackware.
Ini kalau linuxnya memang untuk server, bukan komputer desktop
yg membutuhkan aplikasi GUI. Maaf ini kalau subyektif, tapi ini
true story dari pengguna redhat sejak zaman redhat 6.2.

Yah, mungkin ada dukungan yg tidak selengkap redhat, contoh
yg jelas adalah fam (file alteration monitor), terutama digunakan
untuk aplikasi imap service (courier-imap), file manager kde/
gnome (maaf lupa namanya). Redhat secara default sudah include
fam (sgi-fam), kalau slackware tidak. Nah, ini kesulitan pertama
saya waktu instalasi webmail squirrelmail. Tapi setelah itu
lancar, lancar saja. MAlah adanya kesulitan itu membuat saya
menambah pengetahuan.

Sekarang saya malah bingung, mau pakai slackware 10 atau redhat 9 ?
Bingungnya kenapa ? Soalnya sudah beli CD Redhat 9 dr gudanglinux
sebanyak 13 CD (termasuk update dan dokumentasinya, sayang update-
nya sendiri sdh tidak uptodate, jadi masih baruan isi cd slackware
10 sebenarnya). Kalau ndak dipakai, eman (sayang) sdh terlanjur beli.
Yah, sudah, instal dua-duanya, soalnya saya juga mau cari
sertifikat RHCE :-) ...

Salam

~yudi