On Sat, Apr 02, 2005 at 04:54:47PM +0700, Arie Kusuma wrote:
> skrg sy pakai debian sarge 3.1, masalahnya, setiap kali mau mount ke
> FAT ato NTFS harus jadi root. bisa nggak diatur supaya pakai user
> biasa aja mau.

Untuk filesystem apa aja, bisa ditambahkan option 'user' atau 'users'
di /etc/fstab utk filesystem itu sehingga siapa aja bisa mount.

Selain itu bisa ditambahkan option2 lain seperi 'uid', 'gid', 'umask'
utk lebih mengontrol permission dan ownership. Jelasnya liat di 'man
mount' bagian yg "Mount options for fat", vfat atau ntfs. Option2 ini
bisa berbeda2 tergantung filesystemnya apa.

> saya sudah chown arie /mnt/hda6 tapi ketika di mount tetap gagal.

Waktu dimount maka permission dan ownership dr mount pointnya jadi
tidak relevan karena dioverride oleh mount.

Lebih baik dipastikan daripada guessing. Karena kalo guessing itu bisa
aja seakan2 jalan (kebetulan) tapi mungkin ada efek samping yg gak
ketauan.

Ronny